Open top menu
Selasa, 24 Mei 2016

CFD Mamuju telah dilakukan selama kurang lebih satu tahun. Banyak pengunjung antusias mengunjungi kegiatan mingguan ini.  Tapi, apakah tujuan CFD sebenarnya sudah tercapai? Dan apakah di CFD ada kegiatan-kegiatan yang relevan di jalankan ?

Hari tanpa Kendaraan Bermotor (HTKB) atau yang biasa kita kenal dengan Car Free Day (CFD) telah menjadi agenda mingguan di akhir pekan. 
Kegiatan yang diadaptasi dari kampanye Uni Eropa ”Kota tanpa Mobil” (In Town Without My Car
pada awal tahun 90an ini kini diadaptasi di kota-kota di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, Makassar, Mamuju dll.

 Untuk memasifkan dan meningkatkan intesitas dari para pengunjung CFD, untuk itulah seiring waktu kegiatan ini mulai ditambah dengan kegiatan – kegiatan lainnya baik itu sosialisasi, edukasi maupun seremonial komunitas. Yang dimana kegiatan – kegiatan ini ternyata sangat relevan di lakukan di area CFD.

Baru-baru ini adalah salah satu bukti nyata yang diperlihatkan oleh kawan-kawan  Pemuda, pelajar dan mahasiswa yang di inisiasi oleh Lapak Institute (LI) yaitu berupa kegiatan sosialisasi diet kantong plastik.

pada awal kegiatan, sosialisasi ini sempat membuat pesenam di area CFD kaget dengan munculnya monster plastik di tengah-tengah masyarakat yang lagi melakukan kegiatan senam,
kemudian 80-100 orang yang tergabung dalam relawan rangers diet kantong plastik mengikuti monster plastik untuk mengelilingi area senam menuju pusat kegiatan untuk penanda tanganan petisi.
Warga yang tidak bergabung dalam relawan rangers begitu antusias untuk mendukung kegiatan ini dengan ikut menandatangani petisi yang telah disediakan.

Secara umum CFD bukan hanya sebagai tempat untuk sosialisasi tentang bahanya zat karbon, walau pun itu harus menjadi topik utama, tetapi hal ini bisa di kombain dengan  ajang kegiatan yang lain. 
Dengan semakin banyaknya kegiatan yang dibuat, sehingga akan menambah kuantitas dari pengunjung CFD,. dengan demikian tujuan utama dari CFD akan bisa di kampanyekan lebih luas lagi kepada masyarakat.

 Dari hal ini kita semua berharap agar budaya CFD tertanam dipikiran semua stackholder masyarakat dan juga tidak melupakan masalah lingkungan yang lain sebagaimana program pemerintah “Gerakan Mamuju Mapaccing” yang dimana diet kantong plastik adalah salah satu cara untuk mendukung program pemerintah tersebut dalam masalah kebersihan dari limbah kantong plastik di Mamuju.


Tagged
Different Themes
Lapak Institute

Mari Mewakafkan Kreatifitas dan keceriaan bersama sama di CFD Mamuju.